Thursday, February 9, 2012

The Heart of Squidy

Squidward adalah….. annoying? Short tempered? Sinis dan menyebalkan? Beberapa orang yang saya tanya tentang Squidward selalu memberikan komentar negative tentangnya. Bisa dibilang dia dikategorikan sebagai antagonis, setelah Plankton dan Mr. Krab (dengan mengecualikan para musuh Mermaid Man dan Barnacle Boy).

Menurut saya, Squidward adalah gambaran kebanyakan manusia normal pada umumnya. Sebelum kedatangan Spongebob, dia adalah makhluk manis yang sering menghabiskan waktunya dengan berkebun. Dia mempunyai kebun bunga di samping rumahnya, dan biasanya dia menyiraminya dengan senyum bahagia (who hates flowers, anyway?). 

Suatu hari, sebuah nanas jatuh dan merusak kebun bunganya. Tidak hanya itu, ditambah lagi kedatangan Spongebob dengan ‘special’ karakternya, dan memutuskan untuk tinggal di nanas itu. Try to imagine, sesuatu yang membuat kita bahagia diambil begitu saja. Bukan hanya diambil, tapi juga ditambah dengan a nuisance (baca: Spongebob :p). Tidakkah kita bereaksi? Tidak cukup itu saja, si nuisance ini bahkan tidak tahu bagaimana cara menghormati kepunyaan orang lain (baik property, juga waktu). Lalu ditambah lagi dengan bekerja pada seorang bos yang hanya tahu uang dan dengan bahagianya memaksa anak-anak buahnya untuk bekerja 24 jam. Bisakah seseorang bersikap biasa saja dengan keadaan seperti itu?

Reaksi-reaksi yang diperlihatkan Squidward menurut saya sangat normal. Karena memang tidak mudah mempunyai tentangga yang adalah a perfect nuisance seperti Spongebob, juga bos yang a total annoyance seperti Mr. Krab. Squidward bukanlah makhluk yang tidak ingin berteman. Dia juga senang mempunyai mereka sebagai teman. Squidward sebenarnya juga menyukai keberadaan Spongebob dan Patrick. Hanya saja dia tidak menyukai frekuensi kebersamaan yang berlebihan. Kebutuhan bersosialisasi Squideward lebih sedikit dibanding makhluk-makhluk lain di Bikini Bottom. Dia lebih suka menikmati waktunya sendiri dan mengaktualisasikan diri dengan karya-karyanya (hal lain yang membuat dia bahagia setelah kebun bunganya hilang) :(

Tapi dengan keadaan yang memaksanya berhubungan dengan makhluk-makhluk yang kurang normal, Squidward mempunyai cara yang cute untuk menghadapi semua itu (atau bisa dibilang untuk menyelamatkan dirinya sendiri). Cuek. Masa bodoh. Don't wanna get involved. Only observing. Dan kadang memberikan komentar yang mungkin terdengar sinis. Walau pada kenyataannya komentar sinisnya adalah sebuah fakta dan kejujuran :)

So, masihkah Squidward dianggap sebagai antagonis? He is just a normal creature who wants to live a normal life.







0 comments:

Post a Comment